Kamis, 05 Maret 2015

YANG MAHA MENCIPTA



Allah Maha Mencipta ( Al-Kholiq)


 بسم الله الرحمن الرحيم

السَلاَم ُعَلَيْكُمْ وَ رَحْمَةُ اللهِ وَ بَرَكاَ تُه

Alhamdulillah yang telah memberikan kita beribu-ribu nikmat serta yang telah memelihara kita dari kejahatan makhluknya…:)

Mari kita renungi betapa banyak hal yang seharusnya kita syukuri dari apa yang telah Allah
(الخالق)  ciptakan. Mari kita lirik, resapi, serta rasakan segala nikmat yang telah di berikan. Misalnya , segala tanaman, hewan, alam semesta serta segala isinya, bahkan kita sendiri manusia merupakan salah satu ciptaan-NYA. Allah menciptakan semuanya bukan tanpa sebab.

Coba  anda perhatikan  contoh hal kecil saja. Misalnya, ulat bulu. Menggeliat  dan disertai dengan bulu seperti duri-duri halus. Sebagai manusia yang waras fikirannya pasti akan terbesit dalam hati kecil, tak mungkin ia terjadi sendiri melainkan ada suatu kuasa lain yang Maha Agung yang menciptanya. Dan bagi umat Islam sudah  pasti mengatakan ia adalah ciptaan Allah, tuhan yang satu yang menguasai seluruh alam  ini.
Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas ´Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan-Nya pula) matahari, bulan dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam.(Al-A’raf : 54)

Manusia tidak mampu untuk mencipta semua ini, apalagi tuhan-tuhan lain yang disembah oleh manusia sedangkan  tubuh badan mereka sendiri pun dibuat oleh manusia.

Terdapat berjuta-juta spesis serangga dan mereka berada hampir di semua tempat di dunia ini. Setiap spesis memiliki keunikannya yang tersendiri. Sebenarnya masih banyak lagi yang tidak  bisa kita jumpai. Coba bayangkan kita baru menengok alam serangga belum lagi alam ikan, alam tumbuhan, alam sel dan berbagai ciptaan-Nya yang tidak mampu kita gambarkan.

Kemudian hal lain yang tidak bisa kita lupakan, bahwa kita sebagai manusia merupakan ciptaan-NYA. Yang secara nyata dijelaskan dalam ayat Al-Qur’an yang artinya bahwasanya manusia diciptakan ke muka bumi untuk menjadi kholifah yang mengurus bumi ini. Akan tetapi, pada kenyataannya, manusia malah banyak yang merusak serta saling menyakiti satu sama lain. Dengan segala sifat dan perilakunya yang selalu menyombongkan diri. Tak sepantasnya manusia seperti itu. Karena seyogyanya hanya Allah-lah yang bisa menyombongkan diri dengan segala kekuasaannya.

Maka dari itu, marilah kita merenung dan menghayati kebesaran Illahi ini. Niscaya kita akan menjadi lebih mendekatkan diri kepadaNya, pencipta kita dan  pencipta seluruh alam  ini.

0 komentar:

Posting Komentar